Get Adobe Flash player
Free Hosting

Sumber Vitamin Alami yang Terbaik



Perbanyaklah Vitamin Agar Pikiran Cemerlang.

Untuk dapat bekerja secara optimal, otak sangat membutuhkan semua jenis vitamin. Ada berberapa jenis vitamin yang perlu kita perhatikan secara khusus karena kegunaannya bagi perbaikan kinerja otak. Selain itu, karena kita sering kali mengonsumsi zat-zat vitamin ini dalam jumlah yang tidak memadai.


Vitamin B1

Walau bagaimanapun, kita sangat membutuhkan vitamin jenis ini. Sebab, kekurangan vitamin B1 dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti "beri-beri" yang dapat melemahkan otak dan syaraf.
Sumber : ayam, kemiri, hati, roti yang belum diolah, kacang adas, kacang-kacangan, kentang, dan lain-lain.


Vitamin B2

Vitamin B2 diperlukan agar tubuh dapat menggunakan vitamin B1 dan B2 dengan benar. Vitamin B2 juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara kedua jenis vitamin ini.
Sumber : hati, telur, jamur, susu, daging, roti yang belum diolah, dan semua sayuran berwarna hijau yang sudah dimasak.


Vitamin B3

Vitamin B3 sangat diperlukan untuk menjaga koordinasi kerja otak. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan timbulnya penyakit petagra. Penyakit ini biasanya disebut dengan nama "sakit kepala" dan selalu berkaitan dengan berbagai masalah pada otak dan jiwa.
Sumber : hati, cabai, ayam, ikan tuna, ayam kalkun, ikan salmon, semua jenis daging dan ikan lainnya, jamur, roti yang belum diolah, kacang-kacangan yang belum diolah, dan kubis-kubisan.


Vitamin B6

Vitamin B6 harus sepenuhnya mengatur otak. Sebab, jumlah vitamin B6 di dalam otak 100 kali lebih besar dari jumlahnya di semua organ tubuh yang lain. Dengan adanya vitamin ini kita dapat merasakan kondisi mental yang tenang, dan semua neurotransmitter dapat menjalankan tugas mereka dengan baik. Vitamin B6 juga mampu melindungi kita dari perasaan sedih, sehingga ia dapat membuat kinerja memori mencapai tingkat yang maksimal.
Sumber : hati, ayam, semua jenis tepung gandum, semua jenis daging, semua jenis ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan telur.


Vitamin B9

Kekurangan vitamin B9 dalam jumlah besar dapat menimbulkan berbagai gangguan fisik maupun mental, yang relatif dapat membahayakan. Bahkan, kekurangan vitamin tersebut dalam jumlah kecil saja sudah dapat memicu timbulnya gangguan. Penyebabnya adalah vitamin B9 memiliki sifat "diam". Dengan kata lain, kita tidak akan menyadari kekurangan vitamin jenis ini kecuali setelah beberapa waktu berlalu.
Secara faktual, vitamin B9-lah yang mampu melawan salah satu jenis asam amino homocysteine, sejenis materi yang terdapat di dalam tubuh dan sangat beracun bagi otot serta urat saraf.
Kekurangan vitamin B9 juga dapat menambah risiko terjadinya penyakit alzheimer dan parkinson. Perlu disadari, manfaat vitamin B9 ini sangat banyak. Kita harus memastikan bahwa diri kita telah mendapatkan asupan vitamin jenis ini dalam jumlah yang memadai.
Sayangnya, terdapat sekitar 50% dari sebagian besar penduduk negara di dunia ini dengan susah payah hanya mampu mendapatkan vitamin B9 dalam jumlah kenyataan-nya sangat sedikit.
Sumber : asparagus, bayam, wortel, buncis, kentang, seluruh jenis kacang, susu, dan daging. Kami anjurkan Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B9 kalau Anda tidak dapat mengonsumsi salah satu dari beberapa jenis vitamin B (yang telah disebutkan di sini) setiap hari.


Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan mental. Untuk mengetahui sumber-sumber alami bagi semua jenis vitamin B yang terbaik, silakan Anda lihat uraian sebelumnya.
Sumber : semua jenis keju, semua jenis ikan, semua jenis daging, telur, beberapa jenis ganggang laut, binatang berkulit keras (semisal udang, kepiting, lobster, dan sebagainya).

Perhatian! Dengan penuh kerendahan hati, penulis sarankan bagi penderita kekurangan vitamin B akut untuk melakukan terapi pengobatan menggunakan vitamin B. Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak boleh hanya menggunakan salah satu jenis vitamin B yang ada. Sebab, semua jenis vitamin B dapat bekerja dengan baik melalui cara saling bergantung satu sama lain. 

Vitamin C

Sebenarnya, kegunaan vitamin C di dalam otak sangat kecil. ia lebih banyak dibutuhkan oleh organ tubuh lainnya. Meskipun demikian, vitamin C tetap penting bagi otak. Sebab, beberapa jenis neurotransmitter membutuhkan vitamin C untuk dapat bekerja (contohnya adalah neurotransmitter jenis dopamine). Di samping itu, vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesadaran pikiran dalam arti yang sesungguhnya. Tidak diragukan lagi, vitamin C juga merupakan penangkal tekanan jiwa (stres). Dan, jangan sampai Anda lupa bahwa vitamin C adalah zat yang paling penting untuk melindungi tubuh dari proses penuaan.
Perlu diingat bahwa manusia sama sekali tidak boleh kekurangan vitamin C. Selain itu, vitamin ini juga tidak menimbulkan efek samping sama sekali.
Secara teoritis, pola makan yang kaya sayur-sayuran segar pasti dapat memenuhi semua kebutuhan "natural" bagi tubuh. Tetapi sebenarnya, ketika ada zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh maka "tuntutan" terhadap pasokan vitamin C juga semakin bertambah (misalnya ketika terjadi stres, polusi, peradangan [inflamasi], dan sebagainya). Oleh sebab itu, penulis anjurkan agar setiap orang mengonsumsi suplemen vitamin C. 
Sumber : semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, khususnya: buah-buahan jenis anggur yang semuanya berukuran kecil (seperti: buah arbei, kismis, rasberi, frambus, dan sebagainya), kubis, kiwi, jambu, stroberi, mangga, lemon, bayam, dan sebagainya.


Vitamin E

Vitamin E telah dianggap sebagai pengawal pribadi bagi sel-sel saraf kita. Sebab, ia mampu melindungi lemak dengan sangat baik dari proses oksidasi karena adanya partikel radikal bebas. Manfaat vitamin E bukan sebatas itu saja, tetapi ia juga berfungsi untuk mengamankan kohesi dan konsistensi proses pembentukan jaringan otak (karena sebagian besar otak terdiri dari lemak). Jadi, ketika otak dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka yang layak dipuji adalah vitamin E.
Anda harus mengkonsumsi suplemen vitamin E yang alami. Sebab, tubuh kita tidak dapat menyerap vitamin E buatan. Kita tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar akan vitamin E, jika hanya mengandalkan makanan yang biasa dikonsumsi. Kita harus mengandalkan suplemen alami jika ingin melindungi otak dengan sebaik-baiknya. Bahan pangan yang kaya akan vitamin E memang sangat sedikit jumlahnya, sebagaimana kita juga tidak dapat mengonsumsinya dalam kuantitas yang besar. Di samping itu, bahan pangan tersebut juga menggunakan vitamin E untuk melindungi lemak yang mereka miliki sehingga yang tersisa bagi kita hanya sedikit. Untuk mengetahui sumber-sumber vitamin E yang silakan Anda baca daftar dibawah ini.
Sumber : minyak gandum, jagung, kedelai, biji-bijian (seperti: kemiri, kacang almond, kenari (walnut), dan lain-lain), kacang-kacangan muda, sayur-sayuran hijau (seperti kubis misalnya), selada, peppergrass,1 kol, bayam, mentega, roti, daging merah, dan ikan.


Apa yang Harus Kita Lakukan?


Setiap hari, kita harus mengkonsumsi lebih dari satu jenis vitamin. Selain itu, sebaiknya setiap hari kita juga mengonsumsi suplemen tambahan. Sebab, suplemen tersebut dapat memperbaiki kinerja otak pada orang lanjut usia serta mencegah terjadinya gangguan mental bagi para penderita penyakit, berapa pun usia mereka. Contohnya: anak-anak muda yang mengalami kekurangan vitamin B12 ternyata menunjukkan gejala-gejala kelelahan berpikir. (Perlu diingat, kekurangan salah satu dari beberapa jenis vitamin B, secara umum menyebabkan terjadinya kekurangan pada semua jenis vitamin B lainnya). Oleh sebab itu, sebaiknya kita semua setalu mengonsumsi suplemen yang mengandung anti-oksidan, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. 
Share on Google Plus

About Adam Prasetya

Hi .. I'm Adam, as the author of this blog I hope a good reader can enjoy the articles I write and I hope my articles useful and add to the knowledge of the reader and the writer also .. aminn ..
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment